SERUPA TAPI TAK SAMA Istilah-istilah dalam dunia kecantikan

     Hello,gorgeous!! Gimana kabar kalian hari ini? Semoga baik-baik aja yaa. Kali ini gw mau  berbagi informasi yang agak beda nih dari post-post gw yang sebelumnya. Ya gw bilangnya sih serupa tapi tak sama karena istilah-istilah dalam dunia kecantikan ini emang serupa tapi ternyata tak sama dan bikin salah kaprah. Dampaknya jadi salah penanganan deh kalo ada masalah. Mau tau istilah-istilah apa aja yang serupa tapi tak sama?
     Yuk kita mulai dari bagian kepala.

1. Hairfall dan Hairloss (rambut rontok)
    Nahloh, bedanya apa nih? Kalo untuk istilah hairfall itu artinya rambut kamu rontok karena patah, bisa karena rambut bercabang, kering dan rapuh. Nah kalo udah ngalamin hairfall, gw saranin potong rambut kalian yang kering dan bercabang setelah itu kalian cari produk dan pakai masker rambut seminggu sekali yang ada keterangan "hairfall" nya.
Sedangkan hairloss, itu terjadi karena akar rambut yang nggak kuat, faktor makanan yang ga sehat, stress dan lain-lain. Untuk masalah ini pun sama penanganannya, cari produk yang ada keterangan hairloss nya. Agak jarang sih ya memang kalo dibandingin sama jumlah produk yang berlabel mampu mengatasi hairfall. Tapi gw bisa saranin kalian produk yang berlabel hairloss dan itu ampuh di gw, yaitu Natur Ginseng. Gw pake sampo dan hairmasknya and it's work.

2. Hydrating dan Moisturizing (pelembap)
    Hydrating = menambah cairan dalam tubuh dan kulit
- Produk hydrating lebih cocok dan diperlukan oleh kalian yang tipe kulitnya kering-super kering
- Bisa dari dalam, caranya minum air putih yang banyak atau dari produk yang water base
    Moisturizing = menahan kelembapan/kadar air pada tubuh/kulit
- Dibutuhkan oleh kalian yang bertipe kulit kombiasi oily-super oily

3. Acne marks dan Acne scars (bekas jerawat)
    Acne marks = bekas jerawat hanya berupa warna coklat atau kemerahan, tidak berupa bopeng.
    Acne scars   = bekas jerawat berupa cekungan pada permukaan kulit (bopeng)

4. Purging dan Break Out
    Ini dia, yang paling banyak dibingungin sama orang-orang. Apa bedanya purging sama break out. Jadi, sekalian gw jelasin di sini.
    Purging adalah proses pembersihan kulit wajah, entah itu dengan produk maupun dengan masker/toner DIY (detox). Purging ini terjadi di daerah yang biasanya berjerawat saja. Dan selama proses purging, jerawat biasanya bertambah banyak atau besar, diiringi kulit kusam, pori-pori membesar atau bahkan dengan muncul garis-garis halus, tapi semakin hari kondisi kulit semakin membaik. Istilahnya si purging itu menghabiskan stok-stok jerawat dan racun-racun kalian yang terpendam di bawah kulit sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati kalian jadi kulitnya lebih mudah beregenerasi deh. Makanya gw bilang proses purging itu semakin hari semakin membaik efeknya.
Berapa lama proses purging itu? Itu tergantung dari setiap kulit orang. Semakin banyak kulit kalian terpapar debu, polusi, dan bahan-bahan kimia berbahaya semakin lama proses purging itu. (Di post blog selanjutnya gw bakal tulis lebih banyak tentang purging, cara melakukan dan resep-resep DIY untuk melakukan proses detoxifikasi)
     Sedangkan break out (bukan break up), kita biasanya nyebutnya jerawat biasa. Ini biasa terjadi kalo (yang cewek) lagi atau mau menstruasi, makan sembarangan, atau ga cocok sama produk tertentu. Gimana kak cara bedain jerawat karena ga cocok sama produk sama jerawat karena produk? Kalo karena lagi purging kan udah gw jelasin ya di atas, nah kalo ga cocok sama produk itu ciri-cirinya setelah pemakaian skincare kulit terasa  panas, jerawat muncul di tempat yang nggak biasanya, semakin hari jerawat semakin parah atau keadaan kulit semakin memburuk. Kalo udah begini, cepetan deh lepas produk yang udah kalian pake.

5. Skincare dan Make up
    Hmm kalo ini sih kayaknya udah banyak yang tau ya. Tapi ngga apa, tetep bakal gw tulis penjelasannya di sini.
    Skincare itu kalo dibahasa Indonesia kan artinya ialah "perawatan kulit". Ngerti kan maksudnya perawatan? Iya, perawatan kulit, yang pastinya ga bisa kalo dilakuin cuma dari luar aja. Harus dari dalam juga. Istilahnya nih, kalo mau ngerawat kulit harus jaga kesehatan dari dalam dan dari seluruh tubuh juga. Kalo mau punya kulit yang oke dan sehat, badan kita juga harus sehat dulu. Itulah kenapa melakukan skincare itu ga semudah make up. Harus bertahap, sedangkan make up? Selama-lama nya make up itu ga akan selama melakukan skincare routine supaya dapet kulit yang bagus dan sehat.
     Jadi, kalo ada yang bilang "Ah mau make up kek mau skincare kek, sama aja." No,babe. Itu adalah dua hal yang berbeda. Yang satu hanya mempercantik dari luarnya saja (make up), yang satunya lagi menyehatkan tubuh sekaligus mempercantik dari luar dan dalam (skincare). Secara ga langsung juga, orang-orang yang menjaga kesehatannya juga udah termasuk do skincare routine walau tujuannya dia bukan untuk bikin kulit mulus dan lain-lain. Keuntungan lainnya dari do skincare routine (dari dalam dan luar) buat kalian yang suka make up juga adalah make upkalian akan terlihat lebih flawless dan gampang buat aplikasiin make up nya.
     So, kalo temen atau pacar kalian bilang atau masih suka ngomong make up sama skincare itu sama aja, kasih liat blog ini wkwk.

Ya sekian informasi dari blog gw, semoga bermanfaat. 
Have a nice day, God Bless U and Keep Gorgeus!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW PELEMBAB UNTUK SI OILY SKIN

MY ACNE STORY with Clean n Clear 'acne marks cleanser'

REVIEW SKIN AQUA UV MILD MILK SPF 25 PA++ || GA COCOK!!